Berikut Adalah Bahaya Pasang Kawat Gigi Sembarangan


Maraknya tren memasang kawat gigi berbanding lurus dengan maraknya jasa pemasangan kawat gigi. Namun, disayangkan karena jasa pemasangan kawat gigi yang beredar belum tentu memenuhi standar kesehatan.

Tiap orang memang memiliki tujuan berbeda setiap ingin memasang kawat gigi. Bagi sebagian orang menggunakan kawat gigi sangat diperlukan untuk membentuk gigi lebih cantik. Akan tetapi, tak sedikit pula yang menggunakan kawat gigi hanya sekadar tren. Oleh karena itu, si pengguna tidak mau untuk merogoh kantong lebih dalam.

Pemasangan kawat gigi yang masih menjadi mode penampilan saat ini memang terbilang cukup mahal. Dan untuk sebagian orang, lebih memilih memasang kawat gigi di sembarang tempat. Yang penting murah! Padahal, memasang kawat gigi sembarangan memiliki risiko yang cukup tinggi.

Kebersihan yang Diragukan

Memasang kawat gigi seperti kawat gigi Jogja, di tempat pemasangan yang tidak berizin resmi memang membahayakan. Mulai dari segi kebersihan pun patut dipertanyakan. Alat-alat yang digunakan untuk memasang kawat gigi rentan terhadap kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut dan kerusakan pada gigi.

Tak hanya itu, kebersihan yang kurang pun bisa menyebabkan penyakit menular.

Penanganan yang Salah

Pemasangan kawat gigi Jogja di tempat sembarangan dapat memicu pemasangan yang asal-asalan. Risiko dari pemasangan seperti ini adalah dapat merusak gigi. Selain itu, penanganan yang salah dapat membuat mulut tidak bisa dibuka karena bentuk kawat gigi yang tidak benar.

Dan yang paling parah, salah penanganan dapat menimbulkan kesalahan jenis kawat gigi yang digunakan. Hal tersebut bisa membuat akar gigi keluar dari gusi dan bisa sampai harus dioperasi.

Gigi Menjadi Tidak Sehat

Alih-alih ingin merapikan gigi, memasang kawat gigi sembarangn justru bisa menimbulkan permasalahan gigi. Bahkan, gigi yang semula sehat bisa menjadi tidak sehat. Permasalahan gigi yang muncul dapat berupa peradangan pada gusi, gigi berlubang, dan jaringan penyangga gigi/gusi menjadi renggang.

Memicu Kanker

Pemasangan kawat gigi di tempat sembarangan berisiko mendapat kawat gigi palsu. Kawat gigi tersebut digunakan tidak lengkap mencantumkan spesifikasi, termasuk da asal produk.

Sebagai contoh, seperti bracket logam. Kandungan logam di bracket gigi tidak boleh mengandung nikel. Jika nikel tersebut tertelan bersama air liur, maka akan dapat memicu kanker bagi si pengguna.

Add a Comment