Kegunaan Kertas Hitam

Bagi para pelaku dunia bisnis entah apapun itu pasti tidak akan asing dengan kertas hitam atau yang biasa disebut dengan kertas karbon. Kertas yang sempat booming pada masa-masa sebelum mesin fotokopi tumbuh subur ini biasa digunakan untuk membuat kopian dari suatu tulisan. Dalam masa yang makin maju ini kertas hitam telah beralih fungsi dari penduplikat tulisan menjadi bahan untuk membuat berbagai karya seni yang unik dan menarik. Pada dasarnya kertas ini digunakan untuk kegiatan percetakan dan untuk kegiatan komersil. Pada masa sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang ini, kertas karbon digunakan untuk menduplikat nota penjualan. Duplikat nota penjualan ini biasanya terdapat pada kasir suatu toko tertentu atau pada perusahaan tertentu. Saat mesin fotokopi belum berkembang seperti sekarang ini penggunaan kertas karbon juga merambah dunia literasi. Saat masa Jaya mesin ketik masih berjaya kertas ini digunakan untuk mengkopi semua tulisan dengan cara menempelkan kertas karbon pada bagian bawah kertas yang digunakan untuk mengetik. Setelah itu saat proses pengetikan berlangsung maka secara otomatis tulisan tersebut akan terkopi ke kertas di baliknya.

Selain itu kini kertas hitam banyak digunakan untuk sarana membuat karya seni. Berbagai karya seni menarik dan unik bisa dibuat menggunakan kertas berwarna hitam ini. Salah satu benda seni yang bisa dibuat menggunakan kertas karbon adalah lukisan. Banyak yang telah memanfaatkan kertas karbon ini sebagai salah satu media untuk melukis. Kertas ini adalah kertas yang biasa digunakan untuk menjiplak sebuah tulisan. Para pekerja seni akan membuat sebuah karya unik dengan berlapiskan kertas karbon sehingga hasil jiplakan pada kertas tersebut menjadi unik dan menarik. Kertas yang digunakan bisa kertas apa saja asal masih bisa membuat tinta karbon meresap dalam kertas tersebut. Beberapa waktu lalu sempat booming sebuah lukisan cantik menggunakan media karbon. Lukisan ini dibuat dengan cara menempelkan dua buah kertas pada bagian bawah dan atas kertas karbon lalu mulai menggambar dan menuangkan kreasi.

Berbagai jenis lukisan dapat menjadi salah satu hal unik untuk dicoba bagi para pencinta seni. Selain itu kertas dengan dominasi hitam ini juga memiliki beberapa keunggulan dan manfaat lain. Salah satu kegunaan kertas ini dalam dunia pendidikan adalah untuk melatih anak-anak tingkat dasar cara untuk menjiplak. Beberapa tingkat kelas seperti taman kanak-kanak dan paud biaa memanfaatkan kertas karbon ini untuk kegiatan murid mereka. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Para guru tidak perlu repot menyiapkan berbagai peralatan. Guru hanya perlu menyiapkan kertas karbon dan gambar yang akan di jiplak. Para siswa dapat memakai buku gambar mereka sendiri. Cara untuk menjiplak sangat mudah, kertas karbon di tempatkan di tengah-tengah buku gambar milik siswa dan gambar yang akan dijiplak. Gambar yang akan di jiplak di tempatkan di atas kertas karbon. Lalu bagian yang paling bawah adalah kertas gambar milik siswa. Siswa hanya perlu menggambar ulang berdasar gambar yang ada secara menekan. Siswa menjiplak gambar yang telah disiapkan oleh guru. Setelah itu siswa dapat mengkreasikan gambar yang mereka buat sesuai dengan keinginan. Menggunakan kertas ini lebih nyaman dan aman bagi anak-anak karena selain tidak berbahaya kertas ini juga lebih mudah di dapatkan dan dapat digunakan oleh siapa saja dan kapan saja tanpa perlu perlakuan khusus. Kertas ini tergolong bahan yang aman karena tidak menimbulkan efek samping apapun bagi penggunanya.

Add a Comment