Biografi Sultan Mahmud Baharudin

Biografi Sultan Mahmud Baharudin

Sultan Mahmud Baharudin ialah seorang pemimpin kesultanan di Palembang-Darussalam dalam dua periode mulai dari tahun 1803- 1821). Sebelum dipimpin oleh sultan Mahmud Baharudin, Pemerintahannya dipimpin oleh ayahnya, Sultan Muhammad Bahaudin pada tahun 1776- 1803. Sebelum menjabat sebagai sultan, nama aslinya ialah Raden Hasan Pangeran Ratu.

Semenjak menjabat sebagai sultan di kerajaan Palembang menggantikan ayahnya, https://www.pro.co.id/ Sultan Mahmud mengerjakan perlawanan terhadap Belanda dan Inggris. Pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Bharudin, beliau sejumlah kali memimpin peperangan melawan Belanda dan Inggris salah satunya yakni Perang Menteng.

Pada ketika Batavia sukses diduduki pada tahun 1811, Sultan Mahmud Baharudin tepat tanggal 14 Mei 1811 sukses membebaskan kota Palembang dari cengkraman Belanda. Semenjak timah ditemukan di kota Bangka, Palembang dan distrik sekitarnya menjadi incaran Belanda dan Britania pada abad ke-18.

Pada tanggal 13 Juli 1821, Sultan Baharudin bareng keluarganya menaiki suatu kapal Dageerad dengan destinasi ke Batavia. Dari Bativia beliau bareng keluarganya oleh Belanda dipisahkan ke Ternate sampai sampai akhir hayatnya pada tanggal 26 September 1852.

Sumber : https://www.infobiografi.com/

Add a Comment