Ternyata Inilah Zat – zat Berbahaya yang Terkandung di Dalam Sampah

Selama ini kita sudah tahu bahwa sampah itu sangat berbahaya bila dibiarkan tergeletak di lingkungan atau di alam.

Makanya dalam mengelolanya, semua bekas makanan, atau bekas aktifitas manusia yang menjadi sampah harus dipilah terlebih dahulu sebelum dibuang ke tempat sampah stainless steel agar nantinya menjadi lebih mudah pada saat proses daur ulang.

Ada 3 jenis sampah yang selama ini kita ketahui, Yaitu sampah organik, lalu sampah non organik, dan juga sampah B3. Ya, ketiga sampah tersebut memang bisa menimbulkan gejala negatif yang begitu banyak bila tidak dikelola dengan baik.

Kenapa bisa begitu ? Karena ada suatu kandungan zat yang memang terkandung dalam sampah – sampah tersebut. Nah lalu apa saja kandungan yang terkandung di dalam sampah – sampah tersebut ? ini dia :

  1. Dioxin

Zat ini adalah zat yang dihasilkan dari polutan akibat dari pembakaran sampah. Jangan meremehkan zat ini yaa…karena zat ini sangat bisa mengganggu kesehatan.

Jika kita menghirup zat Dioxin ini akan mengakibatkan kita menjadi sesak napas, sehingga akan sangat mempengaruhi perkembangan sel – sel penyakit di dalam tubuh seperti misalnya kanker pada sistem reproduksi, lalu gangguan sistem kekebalan tubuh, dan sistem hormon.

  • Klorin

Nah selanjutnya adalah klorin. Sebuah gas berbahaya yang berasal dari plastik PVC karena sangat sulitnya untuk terurai secara alami. Gas ini bisa dibilang sangatlah beracun, dan sangatlah reaktif apabila kena cairan paru – paru atau juga cairan mata yang langsung bisa menyebabkan iritasi, bahkan juga bisa menyebabkan korosi pada jaringan tubuh lainya.

  • Timbal

Tahukah kamu kalo sampah elektronik itu mengandung banyak sekali zat berbahaya timbal. Komponen – komponen ini sangat berbahaya bagi perkembangan  otak manusia. Buat kamu yang memiliki anak, tolong kamu perhatikan hal ini baik – baik ya. Cairan timbal sangatlah berbahaya, apalagi jika sudah masuk ke dalam tanah.

  • Arsenik

Selain timbal zat yang berbahaya yang dihasilkan oleh limbah industri elektronik adalah arsenic. Taukah kamu bahwa zat ini bisa menyebabkan keracunan yang akan di tandai dengan perubahan warna kulit yang menjadi abu kehitaman, lalu juga akan berefek pada gangguan paru – paru, lalu gangguan ginjal, fungsi jantung dan juga hati.

Nah itu lah zat – zat berbahaya yang terkandung di dalam sampah. Jika sudah tahu begini, masih mau tidak peduli dengan lingkungan?

Add a Comment