Berat Badan Anak Normal

originals.id – Salam Dokter Rifan, bayi perempuan saya lahir prematur (usia 30 minggu), dengan berat lahir 1,4 kg. Saat ini usianya sudah 6 bulan dengan BB 4,6 kg. Sampai sekarang masih saya beri ASI dan mulai MPASI. Bayi saya sudah bisa tengkurap. Dok, saya mau tanya, apakah berat badan anak saya sudah sesuai umurnya mengingat lahirnya dulu prematur? Sejauh ini, minum ASI-nya lancar dan banyak, Dok, begitu juga dengan MPASI. Sebaiknya, apa yang harus saya lakukan untuk tumbuh kembangnya ini supaya bisa berkembang optimal? Mohon jawaban Dokter Rifan. Terima kasih. Sani Ra­fid – via e-mail.

Saat ini secara usia koreksinya adalah sekitar 3,5 bulan, dan dengan berat badan saat ini tampaknya masih dalam batas normal. Namun demikian sayang sekali Ibu tidak memberikan data panjang badan saat lahir dan saat ini sehingga akan lebih akurat. Mencapai tumbuh kembang yang optimal adalah dengan terus memberikan asupan nutrisi yang cukup, sehat dan sesuai dengan toleransi makannya. Disamping itu berikan stimulasi verbal dan nonverbal secara berkesinambungan agar perkembangan neuromotoriknya menjadi lebih baik dan optimal.

Mengubah Posisi Janin Sungsang

Dokter Judi yang baik, saat ini saya sedang hamil anak kedua. Usia kehamilan 22 minggu. Saat ini saya sering merasa kencang Berat Badan Normal di perut bagian bawah. Setelah diperiksa, ternyata posisi janin sungsang. Saya disarankan Ibu Bidan untuk menungging. Dok, adakah posisi lain supaya janin bisa bergerak. Lalu bisakah nanti saya melahirkan secara normal bila posisi janin ternyata masih sungsang? Terus terang, Dok, saya tidak ingin melahirkan sesar mengingat anak pertama saya lahirnya lewat persalinan normal. Terima kasih atas jawaban Dokter. Sri Lusia – Lawang, Jawa Timur.

Posisi janin hingga kehamilan 36 minggu masih bisa berubah-ubah, apalagi pada kehamilan 22 minggu. Posisi sungsang pada kehamilan 22 minggu masih dianggap posisi normal karena posisi tersebut bersifat sementara, kecuali ditemukan penyebab lain, misalnya ada tumor rahim (mioma uteri) yang cukup besar di daerah rahim bagian bawah. Posisi sungsang tersebut juga bukan penyebab dari kontraksi rahim.

Kontraksi sering disebabkan oleh infeksi atau ada kelainan pada rahim. Dokter perlu mencari sebab kenapa kontraksi, misalnya infeksi rongga mulut, gigi berlubang, atau infeksi kandung kemih dapat menyebabkan kontraksi rahim yang berlebihan. Tentang cara persalinan tergantung keadaan saat kehamilan cukup bulan atau saat persalinan, misalnya letak lintang perlu dilakukan operasi sesar. Terima kasih atas pertanyaannya.

Add a Comment