Review Kamera Olympus Pen-F – Kecepatan Olympus Pen-F

Review Kamera Olympus Pen-F – Kecepatan Olympus Pen-F

Fotoboth – Untuk mengetahui seperti apa performa kamera beresolusi 20,1 Megapixel tersebut, hal pertama yang dilakukan oleh redaksi CFVd adalah menguji kecepatannya. Dengan menggunakan kartu memori Sandisk Extreme U1 yang memiliki write speed 45 MBdetik, Olympus Pen-F bisa digunakan untuk merekam secara kontinyu hingga 28 frame gambar dalam format RAW+JPEG sekaligus, dalam pilihan kualitas terbaiknya. Hal tersebut menunjukkan, selain memiliki kecepatan yang tinggi, Olympus Pen-F juga dilengkapi dengan buffer yang besar. Untuk mengetahui kecepatan autofokusnya, pengujian Pen-F dipasangkan dengan lensa M. Zuiko Digital 17 mm f1.8 dan M. Zuiko Digital 75 mm f1.8.

Dalam prakteknya, dengan kedua lensa tersebut autofokus pada Pen-F terbukti mampu bekerja dengan cepat dan akurat. Saat digunakan di kondisi minim cahayan pun, autofokusnya masih mampu bekerja dengan cepat. Dengan feature 81 AFpoint, AF-point di bagian paling pinggir performanya tidak kalah cepat dengan AF-point yang ada di pusat sensornya. Saat digunakan di minim cahaya, autofokusnya juga memberikan performa yang mengesankan. Makin menyenangkan lagi, kalau ingin mengatur autofokusnya dengan lebih cepat dan akurat, kita bisa memanfaatkan feature 81 AF-point di Pen-F dengan menggunakan feature touchscreen di layar kamera.

Hanya sekali menyentuh layar, kita bisa membidik titik fokus yang kita inginkan dengan cepat dan akurat. Untuk masalah kualitas gambar, contoh foto gambar dari Crayon di atas dapat dijadikan acuannya. Sealin mampu menghasilkan gambar yang tajam, foto yang diambil dengan lensa M. Zuiko Digital 17 mm f1.8 tersebut mampu menghasilkan karakter warna yang menawan. Terakhir, performa Olympus Pen-F bisa kita nilai dari karakter noise-nya. Saat redaksi CFVd mengunakannya di kondisi minim cahaya, gambar yang diambil di ISO 800 masih bebas dari noise. Di ISO 1600, gambar yang dihasilkan masih memiliki noise yang minim. Di ISO 3200, gambarnya juga masih memiliki noise yang minim, ketajaman gambarnyapun masih baik.

Olympus berhasil melahirkan kembali Pen-F dalam bentuk digital. Konsep retro yang diusungnya dipastikan mampu menggoda para penggemarnya. Menjadi salah satu kamera berpenampilan retro paling cantik saat ini. Diluar desiannya, Olympus Pen-F menjanjikan performa tinggi dengan feature-feature terbaiknya. Feature 81 AF-point dan 28 frame gambar berformat RAW+JPEG dalam sekali bidik membuat kamera bisa bekerja dengan sangat cepat. Momen-momen penting tidak akan lepas dari bidikan kamera ini. Cocok untuk kebutuhan dokumentasi, teman jalan-jalan, dan penggemar foto aksi.

Add a Comment