Penyebab Genset Voltase Tidak Stabil

Penyebab Genset Voltase Tidak Stabil

Penyebab Genset Voltase Tidak Stabil – Genset adalah mesin yang menghasilkan suatu voltase atau tegangan yang stabil. Penggunaan genset sendiri biasanya digunakan pada acara–acara dimana memerlukan aliran listrik dengan voltase yang stabil, atau di gedung – gedung perkantoran, mall, atau tempat umum lainnya, dimana jika suatu saat terjadi pemadaman listrik, maka genset ini akan digunakan untuk menghasilkan listrik voltase yang stabil.

Biasanya genset digunakan memiliki tegangan 220 volt dan 380 volt. Namun, terkadang terjadi masalah pada genset yang membuat genset tersebut tidak mengeluarkan tegangan atau voltase yang dihasilkan tidak stabil. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka akan membuat alat elektronik kita akan menjadi cepat rusak. Nah kira-kira apa sih penyebab genset voltase naik turun.

Penyebab voltase pada genset tidak stabil

  • Mesin genset memiliki putaran yang tidak stabil.

Perhatikan suara yang ada pada mesin genset anda apakah suara terdengar stabil atau naik turun, dan pastikan putaran mesin pada putaran 1500rpm. Jika putaran mesin tidak stabil pada angka 1500rpm inilah salah satu hal yang menjadikan voltase pada genset tidak stabil. Perhatikan bahan bakar pada mesin genset, apakah bahan bakar kotor, kurang, lancar, atau tersumbat.

  • Generator bermasalah.

Periksa kabel pada genset dalam keadaan baik, tidak bocor ataupun terkelupas. Pastikan nilai tahanan isolasi pada kabel dalam keadaan baik. Penyebab tegangan yang tidak stabil juga bisa disebabkan oleh kondisi kabel yang tidak bagus. Periksa setiap terminal atau sambungan kabel. Pastikan semuanya terpasang dengan baik, hal ini dilakukan untuk kestabilan pada mesin anda tersebut. Salah satu produsen genset Makassar memberikan jasa terhadap segala kerusakan genset termasuk error seperti ini.

  • AVR genset bermasalah.

AVR berfungsi untuk mengatur kestabilan pada mesin genset jika hal–hal diatas dalam kondisi bagus, maka sebaiknya anda memeriksa AVR genset anda, dan jika pengaturan AVR sudah dilakukan dengan benar namun listrik yang dihasilkan masih belum stabil, maka anda harus mengganti AVR anda. Begitulah kiranya AVR bekerja sehingga dapat bekerja dengan sangat maksimal.

Itu di atas adalah beberapa penyebab genset voltase sering tidak stabil dari genset murah di area makassar, jika anda mencari produsen genset maka anda bisa mencari salah satu produsen genset di Makassar. Artikel ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk anda yang tentunya kebingungan mana kala sedang mengalami error yang disebabkan voltage pada genset anda tidak stabil seperti biasanya.

Add a Comment