Olympus Pen F Kamera Kecil Ergonomis

Olympus Pen F Kamera Kecil Ergonomis

Akumoment – Ingin mengembalikan memori seperti di tahun 60-an, di mana pernah mengalami kejayaannya di era fotografi dengan film, di awal tahun ini Olympus pun mengusung konsep kamera digital mirrorless baru berpenampilan klasik, yang diadopsi dari kamera legendarisnya, Olympus Pen-F. Dari pandangan pertama, Olympus secara sempurna berhasil mengembalikan lagi Pen-F menjadi kamera mirrorless dengan tampilan retronya. Mulai dari tombol ONOFF, tombol putar untuk kompensasi eksposur, dan tombol shutter, mirip sekali dengan kamera konvensional. Bahkan, untuk menyempurnakan konsep retronya, Olympus menghadirkan lagi konsep shutter release mekanik model jarum yang dipasang di tengah tombol shutter.

Di bagian depan, tampilan retro tombol putar yang difungsikan untuk mengatur mode warna pun sempurna. Membuat kita akan mengira bahwa ini benar-benar sebuah kamera manual. Pengguna baru akan menyadari kalau tombol tersebut bekerja pada kamera digital setelah menggunakannya. Selain dari tampilan, konsep retronya makin berasa begitu kita memegangnya. Dibalut dengan materi bodi berbahan metal yang solid dan kokoh, lekukanlekukan bodinya yang tajam mirip seperti saat kita memegang sebuah kamera manual konvensional buatan tahun 60- an. Walaupun berpenampilan retro, acungan jempol patut diberikan pada Olympus karena berhasil merancang sebuah kamera yang ergonomis.

Bagi fotografer berpengalaman, desain tombol untuk mode pemotretan, tombol kompensasi eksposur, tombol shutter, dan dua tombol putar untuk memilih parameter kamera dapat dioperasikan dengan nyaman. Ukuran untuk tombol Menu dan Cross Menu yang ada di bagian belakang bodi kamera memang terbilang kecil. Tapi, posisinya dapat diakses dengan mudah, pengoperasiannya juga nyaman. Tombol Cross Menu yang difungsikan juga untuk mengaktifkan mode AF-point, ISO, white balance, continuous drive, dan flash, tetap bisa diakses dengan gampang.

Sebagai kamera yang ditujukan untuk pengguna antusias, feature yang dipasang pada Olympus Pen-F pun tidaklah mainmain. Selain dilengkapi hot-shoe bagi yang ingin lebih serius berkreasi dengan sistem falsh eksternal, Pen-F juga disertai teknologi viewfinder elektronik yang cukup jernih dan tajam. Namun, yang paling menarik adalah keberadaan layar LCD 3,0 inci yang dilengkapi dengan fasilitas swivel. Membuat layarnya lebih bebas saat dirotasi 1800 secara horizontal, 2700 secara vertikal.

Add a Comment