Bolehkah Golongan Darah O Menikah Dengan Golongan Darah O?

Masih terdapat banyak perdebatan mengenai penting atau tidak pentingnya mengetahui golongan darah sebelum menikah. Untuk itu diperlukan informasi yang lebih banyak mengenai hal ini. Kali ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai golongan darah O menikah dengan golongan darah O. Apakah itu baik dari segi medis dan apa efeknya bagi keturunan nanti?

  • Menikah dengan Orang yang Bergolongan Darah Sama

Bolehkah menikah dengan orang yang memiliki golongan darah yang sama dengan Anda? Pertanyaan itu mungkin pernah muncul dalam pikiran Anda. Jawabannya, tentu saja boleh dan malah sangat dianjurkan. Dibandingkan dengan yang berbeda golongan darah, Keturunan yang lahir dari orang tua bergolongan darah sama, memiliki risiko terkena komplikasi yang lebih rendah.

Hal penting yang sebenarnya harus menjadi perhatian adalah resus dari tipe darah Anda dan pasangan. Terdapat dua jenis resus yang dipakai dalam sistem golongan darah, yaitu resus positif dan negatif. Tak ada masalah jika resus Anda dan pasangan sama. Namun jika resus Anda negatif dan resus pasangan positif, risiko munculnya komplikasi saat kehamilan Anda nanti akan tinggi.

  • Anda dan Pasangan Memiliki Resus yang Berbeda

Anda dan pasangan berada dalam situasi golongan darah O menikah dengan golongan darah O. Namun, yang menjadi sumber kekhawatiran Anda adalah walau bergolongan darah sama, Anda dan pasangan memiliki resus yang berbeda. Anda memiliki resus negatif, sedangkan pasangan memiliki resus positif. Anda. Anda takut kondisi tersebut akan menimbulkan hal buruk.

Memang benar bahwa resus golongan darah yang berbeda, walau tipe darahnya sama, bisa menyebabkan komplikasi saat Anda hamil dan melahirkan. Dilansir dari anget.org,

kombinasi dua resus yang berbeda ini bisa menyebabkan anak Anda memiliki resus positif. Akibatnya, darah Anda memproduksi antibodi yang menyerang janin dalam kandungan Anda.

Antibodi yang muncul menyerang resus positif, akan menyebabkan kerusakan pada sel darah merah yang dimiliki janin. Hal paling ringan yang ditimbulkan oleh kondisi ini adalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Pada kasus yang paling parah, perbedaan resus antara ibu dan janin bisa menyebabkan kerusakan pada otak janin hingga kematian.

  • Anak Anda Akan Bergolongan Darah Sama dengan Orang Tua

Satu hal yang pasti jika Anda dan pasangan sama-sama bergolongan darah O, anak Anda otomatis akan memiliki golongan darah yang sama. Sesuai dengan tabel perkawinan golongan darah, jika ibu dan ayah bergolongan darah O, maka anaknya pun akan bergolongan darah O. Anda dan keluarga tentu akan dimudahkan jika suatu saat memerlukan donor darah segera mungkin.

Bukan menjadi suatu masalah jika golongan darah O menikah dengan golongan darah O. Namun, jika ternyata Anda dan pasangan memiliki resus berbeda, lakukan tindakan preventif berupa konsultasi segera dengan dokter kandungan. Manfaatkan juga layanan konsultasi dengan dokter di orami.co.id, agar Anda punya tempat untuk menanyakan hal lain seputar kehamilan Anda.

Add a Comment