Beberapa Kesalahan Dalam Dunia Fotografi

Beberapa Kesalahan Dalam Dunia Fotografi

Akusaraprolight – Menciptakan sebuah foto yang bagus tidaklah mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pada kesempatan ini, CHIP Foto Video akan mengangkat 10 kesalahan yang sering terjadi dalam fotografi. Foto yang baik adalah foto yang tidak hanya memiliki komposisi yang estetis saja, masih banyak lagi faktor yang menentukan untuk menjadikan foto itu menjadi terlihat lebih sempurna. Penguasaan pengaturan kamera sangatlah penting, jika Anda ingin menghasilkan sebuah karya fotografi yang menakjubkan.

Feature auto dalam kamera dirancang untuk memudahkan pengaturan sesuai kebutuhan kamera, walaupun masih banyak yang malu untuk menggunakannya. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan penggunaan mode auto, sebaliknya justru membantu para fotografer untuk lebih mudah dalam memotret. Tetapi tidak semua kondisi dapat menggunakan mode auto. Penggunaan mode auto pada saat yang tidak tepat, dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan yang dapat mengakibatkan foto Anda menjadi kurang baik. Ada banyak teknik-teknik yang terdapat dalam fotografi. Tetapi, Anda tidak tidak harus menguasai semua teknik yang ada.

Anda cukup untuk menguasai teknik dasarnya saja, sebagai langkah awal bagi Anda mendalami dunia fotografi. Walaupun terkadang seorang fotografer sudah menguasai teknik fotografi dengan baik, namun tidak menutup kemungkinan masih ada yang melakukan kesalahan, karena memang manusia tidak luput dari kesalahan. Contoh kecil, ketika Anda sudah menentukan pengaturan kamera dengan tepat untuk memotret landscape dan menggunakan tripod, tiba-tiba ketika Anda melihat hasilnya ada kejanggalan yang terjadi, misalnya penyimpangan pada garis horizon atau cakrawala.

Mengapa hal ini bisa terjadi Biasanya hal ini terjadi karena posisi kamera yang kurang tepat saat peletakkannya saat menggunakan tripod, atau bisa jadi Anda lupa untuk mengunci tripod dengan baik. Kami akan memperlihatkan pada Anda 10 kesalahan yang mungkin terjadi ketika Anda melakukan pemotretan. Tentunya, Anda dapat terhindar dari kesalahankesalahan tersebut saat memotret.

Over-Exposed

Apakah Anda pernah mengalami foto yang terlihat sangat terang dengan cahaya sangat tinggi Jika pernah, kejadian inilah yang dinamakan Over exposure. Over exposure adalah foto dengan tingkat cahaya yang sangat tinggi yang tidak sesuai aperture. Biasanya, ini terjadi pada siang hari dengan cahaya yang sangat keras, Anda akan kesulitan untuk mendapatkan aperture yang baik. Dibutuhkan penguasaan teknis yang memadai agar terhindar dari over exposure. Anda dapat menggunakan nilai aperture dan juga histogram sebagai penentu untuk mendapatkan hasil yang baik.

Add a Comment