ATC SCM40A – Speaker Besar Yang Perkasa Pada Frekuensi Rendah

ATC SCM40A – Speaker Besar Yang Perkasa Pada Frekuensi Rendah

Akusaraprosound – Ada dua hal yang langsung menarik perhatian kami ketika mengambil floorstander SCM40A – merek anyar keluaran ATC dari dalam kotak kemasan. Yang pertama adalah bobot dari floorstander ini, masingmasing memiliki bobot tak kurang dari 36kg, artinya dibutuhkan teman yang kuat ketika ingin mengangkat SCM40A. Begitu kami berhasil mengeluarkan SCM40A dari dalam kotak kemasan, jelas bagi kami inilah speaker dengan value terbaik yang pernah dibuat ATC. Apa yang membuat ATC berbeda Sebagian ada pada unit drive. Tak banyak pabrikan speaker (kecuali pabrikan raksasa) yang membuat sendiri unit drive untuk speaker mereka.

Pabrikan dengan skala kecil – ATC termasuk kelompok ini – cenderung membeli unit drive dari pemasok OEM. Buatan sendiri dan bebas Dengan memperkenalkan desain tweeter yang dibuat sendiri, sekarang ATC memiliki semua jenis drive yang dibutuhkan. Model SCM40A dilengkapi tweeter 25mm versi anyar dan midrange kubah lembut 75mm (diperkenalkan sejak tahun 1976) yang menjadi trademark ATC serta driver bass 16.5cm. SCM40A dilengkapi tiga power amp (dan sebuah crossover aktif). Modul 150W untuk driver bass, 60W untuk menggerakkan midrange dan amplifier 25W untuk tweeter. SCM40A dibuat dengan solid, mengusung kabinet dengan desain lengkung dan disediakan finishing dalam warna cherry atau oak ash.

Kepedulian pada aspek estetika hanya pada grill logam yang dipakai SCM40A – sama sekali tidak menorehkan kesan mentereng. Setelah proses warming-up dan mulai dioperasikan, SCM40A benar-benar merupakan sosok speaker yang sanat mengesankan. Meskipun tingkat detail sangat hebat tapi speaker ini tidak menunjukkan karakter clinical dibandingkan sejumlah speaker aktif lainnya (juga keluaran ATC) yang pernah kami dengar dan tetap mengedepankan aspek kecermatan. Sebuah keandalan yang mengagumkan. Tidak berpihak Kami nikmati sejumlah rekaman, mulai dari ParisLondon Statement dari Keith Jarrett dan Swan Lake karya Tchaikovsky, juga 60 Feet Tall milik kelompok Dead Weather, dan semua disuguhkan dengan semua keandalan yang dimilikinya.

Speaker ini tidak menunjukkan keberpihakan pada genre musik tertentu. Cara speaker ini menghasilkan dinamika menurut kami begitu excellent. Mereka memiliki jangkauan yang meyakinkan ketika menangani dinamika dengan jangkauan luas seperti dalam lagu Swan Lake, setiap perubahan irama musik disuguhkan dengan penuh semangat. Kekuatan yang dimiliki SCM40A juga sangat mengesankan, dan membuktikan pada kami bahwa materi frekuensi rendah memang benar-benar menjadi milik speaker berpostur besar.

Akan tetapi jika diminta, speaker ini dengan senang hati akan menyuguhkan aspek kehalusan. Pada awalnya, banderol harga yang dipatok nampak terlalu berlebihan hanya untuk sepasang floorstander dengan penampilan konvensional. Tapi pertimbangkan faktor amplifikasi built-in, unit drive yang dibuat sendiri dengan rekayasa teknik eksotis dan bermuara pada kualitas suara yang sangat luar biasa.

Add a Comment